Youtube Anda Kena Hack? Mungkin Ini Penyebabnya

pic taken from jalantikus.com

Di era internet yang serba cepat ini, budaya berinternet aman dan nyaman amat sangat dibutuhkan. Media sosial youtube adalah salah satu ladang untuk menambang pundi-pundi uang. Dengan koneksi yang cepat seperti milik IndiHome, internetnya Indonesia, yang disediakan oleh Telkom Indonesia, manfaat internet bisa kita maksimalkan untuk menambah pendapatan perbulannya. Tapi apa yang terjadi jika tiba-tiba youtube kita tidak bisa diakses alias di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Tentunya panik banget. Apalagi pendapatan dari adsense perbulannya sudah menyentuh angka jutaan perbulan. Mungkin faktor dibawah ini adalah salah satu penyebabnya.

pic takenfrom fokussatu.id

Salah satu syarat untuk memiliki akun youtube adalah dengan memiliki akun gmail. Dari akun gmail inilah celah keamanan akun youtube milik kawan-kawan bisa dibobol. Caranya pun amat gampang jika kawan-kawan tergoda. Memangnya gimana caranya?

screenshot email dk8000

Nah coba kawan-kawan perhatikan akun gmail kawan-kawan? Kadang ada email masuk yang isinya menawarkan untuk kerjasama review produk, ada juga yang bilang juga tertarik dengan channel kita, dll. Biasanya email ini berasal dari luar negeri. Jika kawan-kawan tergoda lalu membuka email dan membalas email tersebut, biasanya email kawan-kawan tersebut akan dibalas sekali lagi dan akan disertakan sebuah form yang harus kawan-kawan isi. Nah inilah celah masuknya si pencuri akun kawan-kawan. Dengan kawan-kawan mengklik form tersebut, otomatis semua data personal dari akun gmail kawan-kawan akan terkirim ke pencuri akun tersebut. Dan dipastikan dalam 24 jam akun kawan-kawan akan beralih tangan. Gampang banget bukan? Lalu gimana cara untuk mengatasi hal tersebut? 


Ini beberapa tips agar akun youtube kawan-kawan untuk sulit di hack.

1. Jangan pernah respon email masuk yang mengiming-imingi kerjasama apalagi dengan menyanjung bahwa channel kawan-kawan bagus banget. Langsung saja delete email-email seperti itu. Jika mereka benar tertarik bekerjasama, mereka akan menghubungi kawan-kawan secara personal secara DM.  

2. Jangan pernah membuka attachment email yang berakhiran exe. Misal form.exe. Dipastikan hal tersebut adalah malware yang dikirim pencuri akun.

3. Wajib aktifkan 2FA (2 Factor Authentication). 

4. Tips ini yang paling penting. Jangan serakah. Semua sudah ada yang ngatur. Berkarya sebaik mungkin di youtube agar adsense makin kenceng. Jangan lupa perkuat juga akun Instagram kawan-kawan biar makin dikenal.


Posting Komentar untuk " Youtube Anda Kena Hack? Mungkin Ini Penyebabnya"