Opini : blunder ukuran ban cb150r yang amat kecil dibandingkan dengan cbr150r

image

Hari ini adalah hari kedua di tahun 2013. Dan minggu-minggu kedepan adalah minggunya si cb150r. Kenapa? Karena begitulah yang dijanjikan oleh sales honda astra denpasar akan datangnya "fisik" dari cb150r ini. Tapi kita simpan dulu ya hingga wujud nya benar-benar ada di depan mata. Oke sekarang kita bahas mengenai ban yang dipakai oleh cb150r ini. Sebenarnya mas iwb dan mas penunggu mottobiker.wordpress.com (sori ga tau nama panggilannya mas) sudah membahasnya. Tapi saya tertarik juga untuk membahasnya dari sudut pandang saya. Okay kita mulai ya. AHM menyatakan bahwa ukuran ban yang disematkan di produk baru mereka cb150r adalah ukuran yang terbaik alias paling pas dimana untuk ukuran depan 80/90-17 dan belakang 100/90-17. Tujuan mereka sih untuk menancapkan image bahwa motor ini high performance dan bla bla bla sehingga dari sisi tampilan sedikit dikorbankan. Ukuran ban cb150r ini mirip banget dengan ukuran ban cbr150r yang old version yang masih menggunakan teknologi "lama" yaitu karburator.

image

Kalau menurut saya alasan mereka kok kurang tepat ya. Saya lebih setuju kalau dibilang penghematan untuk menekan harga jual atau agar profit lebih besar. Cbr 150r yang new version versi CBU saja dibekali dengan ban ukuran jauh lebih lebar. Padahal cbr ini aura high performance nya jauh terlihat dibandingkan cb. Kalau dengan alasan beda "aliran" pun menurut saya kurang relevan dan alasan dari AHM malah lebih terlihat mentah. Bayangkan saja masak cb150r yang terang-terangan mencomot mesin new cbr150r yang menggunakan teknologi injeksi yang telah dimodif ECU nya dikatakan kurang high performance sehingga harus mengorbankan penampilan dengan menggunakan lingkar roda yang lebih kecil dari new cbr150r? Bagi saya ga masuk akal. Dan yang lebih menggelikan, kata orang AHM pula, agar cb150r ini terlihat lebih kekar bisa dimasukkan ban hingga ukuran 130. Hahhh? Yang bener. Klo dengan velg asli ampun dah. Kasian bannya. Ban bakal bentuknya kayak donut dan sangat tidak enak dipandang. Teman-teman yang pake old cbr150r terutama di bali sudah membuktikan kok. Note: pic yg bawah nyomot dari mas iwb. Matur suwun yo mas.

22 komentar untuk "Opini : blunder ukuran ban cb150r yang amat kecil dibandingkan dengan cbr150r"

  1. ganti velg lah kalo pengin pake ban 130/90.
    Masa gak.

    BalasHapus
  2. Memang keliatan strategi cost-downnya. Moga qualitynya juga engga di cost-down.

    BalasHapus
  3. kemarin lihat cb modifan dealer yg pakai ban 130/70 tp velg masih ukuran 2.50
    kelihatan membulat a.k.a donat abis.
    kurang safety kalau dipake harian apalagi di musim hujan.

    tp kok pabrikannya.......

    BalasHapus
  4. mungkin kalo pake ban kya cbr builup terlalu berat. soal nya kan downgrade dari yg cbr

    BalasHapus
  5. Kwwkwkkwkw............jadi ingat artikelnya mas ipan...sampek gregetan tuh mas ipannya krn ada yg ngeyel pake ngukur velg segala.....ngukurnya salah lagi...!!!

    BalasHapus
  6. disinyalir laporkan p7 ke wp karena kalah set hehehe... tenang, sudah ada megisonrider dan kucibusi nya ;)

    BalasHapus
  7. setuju ma mas Surya, namanya ngeles kan bisa pake kata apa aja termasuk logika. coba kita cek saja part catalog, dikatakan harga velg
    cbr150r2012
    ban depan harga 1.220.000
    ban belakang harga 1.400.000

    new MegaPro 2012
    enkei depan 770.000
    enkei belakang 985.000

    CB150R belum keluar katalognya (lom nemu soale)
    disinyalir harga tidak beda jauh sama NMP karena merek dan bahan sama, ukurannya juga hampir sama.

    artinya untuk menekan harga memang wajar, karena selisihnya cukup untuk membeli velg skutik dan meningkatkan produksi skutik.

    BalasHapus
  8. Moga aja mas. Jangan sampai deh hehehe

    BalasHapus
  9. Nah itu dia mas bimo.. Aneh kan bentuknya. Safety juga rada dipertanyakan karena tapak ban bukannya melebar malah tapi dipaksa membundar. Yahh tinggal kita lihat aja nanti kalau motor ini sudah mengaspal dan banyak dimodif terutama ganti ban 130/70 atau 130/80. Bakal banyak yang komplain ga hehehe

    BalasHapus
  10. Sempat terlontas seperti itu. Tp msh bimbang krn di brosur reami mereka AHM brani klaim tenaga cb150r hampir sama dengan cbr150r. Mungkin harus menunggu agar motor ini ada dijalanan dan di dyno oleh pihak ketiga. Jadi fair informasinya.

    BalasHapus
  11. Kalau dah ngeyel dan keluar topik sepertinya ga usah diladenin. Yang ada malah buat kesel hehehe

    BalasHapus
  12. Wah belum sempat maen ke warungnya irfan neh. Ke tkp ahh. Coba ngecek..

    BalasHapus
  13. Bener banget mas marga. Logika normal kita aja klo memang mesinnya sama (bahkan di klaim power lbh cepat didapat di rpm rendah) harusnya pake ban lebar pun ga masalah. Terlalu keliatan jualannya hehehe

    BalasHapus
  14. Cost Down tuch mas... sekalian kasih rejeki buat pedagang lainnya mas... he..he...

    BalasHapus
  15. Betul betul. Kalau udah dipasangin ban n pelek lebar toko variasi ga dapat jatah lagi dunk mas hihihi

    BalasHapus
  16. Begitu saja kok repot. Diganti saja dgn velg cbr. Cuma plug n play. Gampang kan?

    BalasHapus
  17. hahahaha.. sudah sempat cek ga mas velg new cbr di dealer honda ga??
    yang ada cuma price list nya doank. barangnya ga ada. jangankan velg, kampas rem aja mereka ga punya. silakan di cek ke dealer honda terdekat :)

    BalasHapus
  18. Mantabbs bli surya artikelnya..
    saya br nemu neh blognya mas..
    jd dr baca mulai artikel awal taon dl.. :D
    CBSF pasang kaki gambot bs poll sampe 130/90 buat rear mas..
    itu yg BT series..
    imho

    BalasHapus
  19. Hallo bro.. Matur thank you sudah datang n ikut ngeramein blog saya. Berhubung ukuran velg cbsf n old cbr150r mirip, menurut saya jgn pasang yg 130/90 bro. Bentuknya donut. Kurang bagus. Klo blh saran sih ukuran 120/80 atau 120/70 oke :)

    BalasHapus
  20. klo cb150r pake velg lebar tar cbr150 yg baru ga laku duong...hehehehehehe

    BalasHapus
  21. Hahahaha.. Selain itu biar bagi rejeki ke tmpt modifikasi ya mas agr ada kerjaan modifikasi cb150 :)

    BalasHapus

Posting Komentar