Bebek vs sport vs supersport

image



Teman semua. Jangan terpengaruh judul diatas oke. Itu hanyalah sebuah judul. Saya tergerak untuk menghubungkan apakah ada korelasi antara pendapatan perkapita masyarakat dengan jenis balapan di indonesia. Maksudnya gini. Sebelum kelas sport 250 booming, balapan motor batangan selalu mendopleng balapan bebek underbone. Kenapa? Karena unit motor bebek populasi sangat banyak dan gampang dimiliki. Beda banget dengan motor sport yang harganya lumayan mahal dan stok dan modelnya yang terbatas.







Saya teringat jaman akhir tahun 90'an dimana klas motor batangan sangat tidak menarik peserta. Bahkan seingat saya, ada balapan klas motor batangan dibatalkan karena peserta tidak memenuhi kuota.

image



Tapi sekarang semua telah berubah terutama setelah kawasaki berani dan dengan pede nya mendatangkan ninja 250 ke tanah air. Tahu sendiri kan bagaiman market share ninja 250 yang tiap tahunnya merangkak naik terus walaupun harga unitnya bisa dibilang tidak murah. Balapan motor batangan pun mulai ramai kembali dan sponsor yang turunpun ga main-main lagi. Belum lagi demam motogp yang tiap tahunnya selalu ditunggu yang meracuni pikiran para pemakai motor sport yang ingin tunggannya kayak jagoan mereka di motogp. So perputaran uangnya sangat besar.

image



Berhentikah samapi disitu? Saya rasa tidak. Sekarang perjenjangan pembalap mulai dipikirkan secara matang. Artinya setelah lulus di kelas 250 akan dikemanakan pembalap ini. Akhirnya adalah kelas supersport 600cc. Walaupun pesertanya belum banyak tapi peta persaingan tidak kalah hebohnya. Tercatat disini kawasaki turun full team. Lalu ducati turun dengan tim satelitnya. Yamaha belum kedengaran kabar apakah turin full team ataukan privateer. Disini perputaran uangnya jauh lebih besar lagi dan mengandung gengsi yang aduhai apabila bisa menang dan juara nasional.

So kesimpulannya menurut saya, semakin tinggi pendapatan perkapita masyarakat maka jenis balapan yang akan dihelat pun swmakin "berani". Bukan tidak mungkin balapan supersport akan menjadi ramai seperti kelas 250 sekarang dan kelas superbike dibuka kembali.

*pic dari berbagai sumber

2 komentar untuk "Bebek vs sport vs supersport"

  1. keren yang supersport
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/21/ridertua-blogger-senior-yang-galau/

    BalasHapus
  2. saya mau jadi pembalap...ada yang mau sponsorin ? :mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    BalasHapus

Posting Komentar